Selamat Datang

Di Blog BINTANG KEJORA

Rabu, 23 Februari 2011

ARTAV Antivir Made In Indonesia


Sejarah ARTAV Antivir
Asal muasal ketertarikan Arrival untuk membuat anti virus karena kekesalan dirinya terhadap komputer di rumahnya sering terkena virus. Dulu dia berkali-kali menginstal ulang untuk membasmi virus yang menginfeksi komputernya.

“Habisnya saya kesal. Komputer di rumah selalu kena virus dan saya harus sering-sering instal ulang. Saya penasaran dengan virus-virus yang menyerang komputer di rumah. Saya cari tahu di internet bagaimana cara kerja virus dan saya beli buku tentang visual basic untuk memahami cara kerja virus,” katanya menjelaskan awal ketertarikannya kepada virus.

Perlu waktu setahun bagi Ival untuk membuat Artav. Awalnya Ival memberikan anti virus buatnya kepada teman-temannya dan keluarganya. Mendapatkan respon yang positif, dirinya lalu memberanikan diri untuk memposting anti virus buatannya di akun facebook miliknya. Begitu diposting di facebook, respon dari masyarakat cukup bagus.

Menurutnya, untuk membuat antivirus, yang dibutuhkan adalah kemampuan memahami bahasa program dan karakteristik virus. Bagian tersulit dari proses pembuatannya adalah saat membuat database.

“Yang susah adalah membuat database virus. Kita harus rajin mencari virus-virus yang terbaru yang beredar. Kita pelajari karakternya dan kita tambahkan script untuk mengatasi serangannya. Lalu kita masukkan dalam data base,” jelasnya.

Kemampuan Artav pun tidak bisa dianggap remeh. Selain bisa menangkal virus-virus terbaru, antivirus ini juga bisa dijalankan bersama dengan anti virus lainnya seperti Kaspersky AV, Kaspersky IS, BitDefender AV, BitDefender IS, Norton AV, Norton IS, Vipre AV, AVG AV, AVG IS, Rising AV, Eset NOD32 AV, Eset NOD32 Smart Security, Panda AV, Panda IS, Avira AV, Avira Premium, Avira IS, Smadav, Ansav, PCMAV dan Microsoft Security Essentials.

ARTAV adalah antivirus lokal atau asli Indonesia yang muncul baru-baru ini. Yang luar biasa dari kemunculan ARTAV Anti Virus Internet Security adalah karena antivirus lokal ini dibuat oleh seorang anak SMP asal bandung bernama Arrival Sentosa dibantu oleh kakaknya yang bernama Taufik. Nama ARTAV sendiri berasal dari nama kedua orang ini,yaitu Arrival Taufik. Jika dijabarkan mungkin seperti ini : ARrival Taufik AntiVirus = ARTAV.

Arrival dibantu kakaknya membuat antivirus ini karena jengkel komputer mereka selalu diserang oleh virus-virus dan merusak sistem komputer mereka. Berbekal keinginan untuk membuat antivirus sendiri juga buku pandiuan manual Dr. Virus. Akhirnya mereka berhasil membuat antivirus mereka sendiri. Pada awalnya,nama antivirus mereka adalah Nyit-nyit. Tapi karena semakin populer mereka merasa perlu untuk membuat nama baru yang lebih cocok untuk sebuah antiVirus sampai akhirnya terlahir nama ARTAV yang mewakili nama mereka berdua.

Meskipun AntiVirus ini berbasis visual basic,tapi sangat bisa diandalkan untuk memproteksi komputer anda dari serangan-serangan virus baik virus lokal maupun virus dari luar negeri (mancanegara). Berikut ini adalah beberapa fitur dari ARTAV AntiVirus :

ARTAV AntiVirus 2.5 Internet Security
1. Realtime Protection.
2. Anti Hacker.
3. Mail Scanner.
4. USB Protected.
5. Link Scanner.
6. Worm Detector.

Arrival Sentosa sang pembuat AntiVirus juga pernah memberi materi di ITB bersama beberapa anak yang juga membanggakan Indonesia, termasuk Muhammad Yahya Harlan. Bocah SMP pembuat Jejaring Sosial SalingSapa.com.

Untuk mendownload ARTAV AntiVirus 2.5 Internet Security,silahkan mengklik
Download ARTAV AntiVirus 2.5 Internet Security

ARTAV Antivirus 2.6 Internet Security
Perbaikan :
-Penggantian Nama Internet Security ke Antivirus
-Perbaikan False Detect oleh Antivirus Luar
-Penghapusan Fitur Registry Tweak dan Sound Warning
-Perbaikan Online Update
-Penambahan 47 Jenis Virus
-Perbaikan Heuristic VBS


Penambahan :
-Form Laporan Complete (Scanned File,Detected File dan Cleaned File)
-Perubahan Tampilan Utama
-100% Compatible Windows 7
NB : ARTAV Melakukan Update Database Selama 1 Minggu Sekali
Update Versi Tidak Tergantung waktu...


Untuk mendownload ARTAV AntiVirus 2.6 Internet Security,silahkan mengklik :
Download ARTAV Antivirus 2.6 Internet Security

Untuk mendapatkan update terbaru seputar ARTAV Anti Virus,anda dapat mengunjungi situs pembuatnya di http://artav-antivirus.com/

Perbandingan ARTAV Antivir Dengan Antivir Lokal Lainnya
Hasilnya, dibandingkan Smadav, file installer dari ARTAV ini memang lumayan lebih besar dan cukup “menguras” penggunaan memori daripada SMADAV.
Namun ini sebanding, karena fitur yang ditawarkan ARTAV memang lebih banyak daripada SMADAV. Coba saja anda lihat, ada fitur seperti Realtime Protection, Anti
Hacker, Mail Scanner, USB Protected dan Link Scanner . Bahkan di versi yang 2.4 ada fitur Worm Detector dan Rootkit Detector.


KESIMPULAN
Peringkat 1 --> ARTAV Internet Security
Peringkat 2 --> Brain Internet Security
Peringkat 3 --> KEMO Antivir
Peringkat 4 --> Fajr Sigma Antivir
Peringkat 5 --> Blade Virus Scanner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar